Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 02 Mei 2012

Jenis-jenis dan Teknik Distraksi

Jenis-jenis dan Teknik Distraksi - Seperti yang pernah Saya bahas di postingan "Cara Mengurangi Rasa Nyeri Dengan Distraksi" bahwa distraksi mampu mengurangi rasa nyeri, sekarang kita ulas jenis-jenis dan teknik distraksi. Distraksi merupakan sebuah upaya pengalihan diri terhadap sebuah stimulus seperti nyeri juga suasana hati yang tidak kondusif, secara langsung distraksi mampu memanipulasi atau merubah respon dari rangsangan contohnya nyeri haid bisa berukurang dengan melakukan dstraksi. Berikut jenis-jenis dan teknik distraksi.

Intinya teknik distraksi lebih mengandalkan panca indra.

Distraksi Visual
Pertama distraksi secara visual, yaitu teknik pengalihan perhatian dengan memanfaatkan indra pengelihatan seperti menikmati pemandangan, menonton tv, atau membaca buku.

Distraksi Pendengaran
Distraksi pendengaran bisa dilakukan dengan mendengarkan musik, lebih disarankan musik yang lembut untuk mengalihkan respon nyeri namun untuk mengalihkan suasana hati yang kurang kondusif bisa dengan mendengarkan musik favorit masing-masing.

Jenis-jenis dan Teknik DistraksiDistraksi Releksasi
Jenis atau teknik distraksi releksasi merupakan kombinasi antara distraksi dan releksasi, salah satu contohnya adalah pijat atau menenangkan pikiran lewat meditasi.

Distraksi Pernafasan
Teknik distraksi pernafasan salah satunya Yoga dan menyanyi.

Distraksi Kognitif
Jenis distraksi ini lebih memanfaatkan sisi intelektual seperti bermain catur atau mengisi teka-teki silang.

Distraksi secara efektif memang mampu mengatasi masalah kesehatan seperti mengurangi rasa nyeri, mengurangi stres, cemas, juga rasa takut yang berlebihan. Banyaknya peminat pengobatan alternatif yang bersifat tanpa obat [pil/suntik] membuat teknik pengobatan distrtaksi semakin populer karena lebih mudah dan murah namun, beberapa kondisi medis tertentu memang harus membutuhkan obat dalam penanganannya tidak sekedar distraksi saja - Jenis-jenis dan Teknik Distraksi.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Pentingnya Bakteri Bifidobacterium Bagi Bayi.

Jenis-jenis dan Teknik Distraksi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra