Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 03 Mei 2012

Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru

Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru -  Paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi manusia, luas paru-paru secara keseluruhan bisa mencapai seluas lapangan tenis. Jangan heran jika ukurannya begitu luas karena paru-paru berfungsi sebagai penampung gas baik oksigen maupun karbondioksida. Oksigen diambil oleh paru dari udara bebas sedangkan karbondioksida merupakan "sampah" metabolisme yang harus dibuang dari dalam tubuh.


Karena secara tidak langsung paru adalah organ yang kontak dengan dunia luar maka sangat besar kemungkinan dia mengalami gangguan, salah satu ancaman serius dari paru-paru adalah kanker paru. Secara umum kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal tidak terkontrol. Kanker paru merupakan pertumbuhan sel pada organ paru-paru yang abnormal melebihi batas pertumbuhan sel sehingga terjadi gangguan pada fungsi paru.
Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru
Kanker Paru
Penyebab Kanker Paru
Secara pasti belum diketahui namun beberapa faktor resiko telah diketahui. Ada dua faktor yaitu faktor yang tidak bisa dirubah dan faktor yang dapat dirubah.

Faktor tidak bisa dirubah
Yang termasuk faktor tidak bisa dirubah adalah jenis kelamin, ras, genetik, dan keturunan.Untuk saat ini statistik menunjukkan pria lebih dominan menderita kanker paru dibandingkan dengan wanita.

Faktor yang dapat dirubah
Beberapa yang tergolong faktor bisa dirubah adalah, kebiasaan atau pola hidup, lingkungan, dan makanan. Pola hidup sangat berpengaruh terhadap kangker paru-paru, dari data yang ada 90% kanker paru-pru diakibatkan karena merokok, artinya pola hidup kurang sehat [merokok] sangat berpeluang terkena kanker paru.

Gejala Kanker Paru
Gejala awal dari kanker paru adalah batuk yang sulit sembuh meskipun sudah minum obat, sesak, nyeri dada, batuk yang disertai dahak, kadang merasa pusing, badan terasa lemah, perubahan suara, menurunnya nafsu makan disertai penurunan berat badan.

Meskipun secara pasti penyebab kanker paru belum dikertahui namun dari berberapa faktor rersiko yang ada kita bisa mencegah khususnya dari faktor yang dapat dirubah seperti menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, meskipun faktor keturunan dan genetik tidak bisa kita manipulasi - Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Pemberian Nebulizer Pada Anak Yang Batuk.


Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra