Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 09 Maret 2012

Tips Mengelola Template Blog

Tips Mengelola Template Blog - Dalam blogging yang menjadi prioritas seorang blogger umumnya adalah membuat artikel/tulisan yang berkualitas sehingga menarik hati pengunjung dan berharap mereka datang lagi membaca setiap tulisan yang kita publish. Tidak keliru jika artikel menjadi prioritas karena memang yang dibutuhkan pengunjung biasanya adalah informasi yang bisa menjawab ketidaktahuan disajikan secara jelas dan mudah dipahami. Namun artikel yang berkualitas tinggi jika disajikan acak-acakan tentu akan mengurangi nilai dari artikel itu sendiri.

Untuk urusan tampilan sebuah blog sudah pasti kita akan merujuk ke yang namanya theme/template, setiap blogger memiliki selera masing-masing dalam memilih template blog namun satu kesamaannya adalah harus mengutamakan kenyamanan pengunjung blog.

Kali ini Saya tidak membahas seperti apa template yang tepat untuk blog tapi bagaimana kita mengelola sebuah template khusunya image template. Kebanyakan dari kita biasanya menggunakan free template buatan perancang template dan template umumnya berisi image baik pada header, background, body, maupun pada footer. Image ini tentu saja berupa link dimana image tersebut disimpan, bagi blogger yang memiliki hosting sendiri dengan platform Wordpress atau Jomla mungkin tidak perlu pusing memikirkan masalah ini karena image tersimpan di host mereka, Namun bagi pengguna Blogger/Blogspot ini menjadi sagat penting.

Tips Mengelola Template BlogBagi pengguna Blogger/Blogspot image template disimpan di tempat lain jadi jika image tersebut terhapus baik secara segaja atau tidak makan dia tidak akan muncul ketika blog kita dibuka oleh pengunjung, ini akan membuat tampilan blog menjadi tidak sempurna. Untuk menghindari kejadian ini sebaiknya kita memindah [backup] semua image di template ke image host yag kita miliki seperti Picasa, Image Shack, Photobucke, dll.

Ambil semua image dan pindahkan lalu ganti URL di HTML template sesuai dengan lokasi image tersebut. Ini adalah salah satu kekurangan ketika kita menggunakan fasilitas "free" baik template maupun blog hosting tapi jika kita bisa mengelola dengan benar maka kekurangan ini bisa ditutupi. Perlu diperhatikan juga untuk tidak terlalu banyak menggunakan image agar blog tidak terlalu berat ketika diakses oleh pengunjung - Tips Mengelola Template Blog.
Baca juga artikel dan informasi Cara Membuat Navigasi Breadcrumb di Blog.

Tips Mengelola Template Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra