Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 20 Februari 2012

Perlukah Makan Sebelum Olahraga?

Perlukah Makan Sebelum Olahraga? - Untuk menjaga badan tetap sehat selain makan makanan bergizi olahraga secara teratur juga penting, minimal dua kali seminggu. Olahraga memberikan kesehatan dengan dua cara yaitu melalui pola aktivitas dan efek secara psikologis, karena olahraga bukan sekedar "cari keringat" namun juga aktivitas refreshing untuk meningkatkan mood positif. Namun jika olahraga dilakukan dalam situasi tertentu bukan sehat yang dihasilkan tapi malah gangguan kesehatan.

Olahraga yang dilakukan secara mendadak langsung ke level hard tanpa pemanasan ringan akan beresiko mengakibatkan cedera, begitu juga jika olahraga dilakukan dalam kondisi fisik yang kurang mendukung salah satu contoh ketika kita lapar. Olahraga merupakan aktivitas yang membutuhkan lebih banyak kalori sehingga stok bahan baku kalori harus tersedia, jadi sangat penting makan sebelum olahraga.

Perlukah Makan Sebelum Olahraga?
Jangan sampai kita kelaparan saat memulai olahraga jika tidak kejadian buruk seperti lemas atau shock akan terjadi karena rendahnya kadar gula dalam darah. Pada beberapa kasus seperti seseorang yang sedang menjalani program diet sengaja membuat diri mereka kelaparan saat berolahraga padahal hal ini sangat berbahaya apalagi jenis olahraga yang dijalani adalah orangraga berat.

Namun perlu diperhatikan juga jangan terlalu kenyang sebelum memulai aktivitas olahraga karena saat terlampau kenyang berarti lambung terisi penuh sehingga mengganggu ruang gerak paru saat bernafas dan beresiko terjadi refluks atau muntah. Selain itu terlalu kenyang juga menghambat aktivitas tubuh saat berolahraga. Jadi makan sebelum olahraga itu penting untuk menambah cadangan kalori namun jangan terlampau kenyang - Perlukah Makan Sebelum Olahraga?
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Makan Pisang Sebelum & Setelah Olahraga.

Perlukah Makan Sebelum Olahraga? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra