Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 14 Februari 2012

Musim Hujan Waspadai Demam Berdarah

Musim Hujan Waspadai Demam Berdarah - Demam berdarah adalah penyakit yang akrab di daerah beriklim tropis, menurut WHO [Word Health Organization] ada sekitar 50 - 100 juta kasus infeksi demam berdarah setiap tahunnya. Demam berdarah merupakan penyakit infeksi dengan gejala demam tinggi yang disebabkan oleh virus Dengue disebarkan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus. Jadi, jika terdapat wabah penyakit demam berdarah di suatu daerah itu menandakan populasi nyamuk Aedes Aegypti pasti juga banyak.

Musim Hujan Waspadai Demam Berdarah
Seperti halnya dengan jenis nyamuk lainnya nyamuk ini menggunakan media air untuk berkembang biak, ketika musim hujan datang tentu membuat debit air meningkat begitu juga dengan genangan air di mana-mana secara langsung akan meningkatkan kesempatan bagi nyamuk penyebar virus Dengue untuk berkembang biak lebih banyak. Perlu diketahui nyamuk penyebab demam berdarah ini sangat memilih mana air yang bagus untuk berkembang biak, mereka menyukai air yang bergenang dan jernih.

Karena nyamuk penyebab demam berdarah atau Aedes Aegypti sangat menyukai air genangan maka perlu kewaspadaan di musim hujan, jangan biarkan ada air yang menggenang dan tidak terjaga dalam waktu yang lama dilingkungan rumah kita. Nyamuk Aedes Aegypti [betina] membutuhkan darah untuk bisa berkembang biak ini yang perlu diwaspadai, telur nyamuk demam berdarah hanya butuh waktu 8 hari untuk bisa menjadi nyamuk jadi jangan sampai ada genangan air lebih dari 7 hari.

Ini juga menjadi salah satu masalah saat musim hujan selain banjir, wabah demam berdarah hampir selalu terjadi bahkan cenderung di kota-kota besar. Tentu saja masalah ini membutuhkan perhatian serius bukan hanya dari pemerintah tapi juga dari kita sebagai masyarakat yang berhadapan langsung dengan penyakit demam berdarah. Penggunaan obat nyamuk atau fogging cenderung dijadikan solusi untuk mencegah wabah penyakit demam berdarah namun cara ini memiliki kekurangan karena hanya membasmi nyamuk tetapi telurnya tidak tersentuh.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di musim hujan untuk mencegah penyakit demam berdarah yaitu; jangan biarkan ada air menggenang lebih dari 7 hari, jangan terlalu banyak menggantung pakaian di luar lemari, tutup tempat penampungan air jika perlu beri bubuk abate, jangan membuang sampah [botol, kaleng, plastik, dsb] di sembarang tempat, tingkatkan perilaku gidup bersih dan sehat - Musim Hujan Waspadai Demam Berdarah.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Waspadai Penyakit Infeksi dan Noninfeksi.

Musim Hujan Waspadai Demam Berdarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra