Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 13 Desember 2011

SEO Social Bookmark dan Social Network

SEO Social Bookmark dan Social Network - Sangat jarang Saya membicarakan urusan SEO apalagi yang berkaitan dengan SEO offpage, karena pengetahuan tidak begitu mendalam serta jarang "praktek" untuk SEO yang satu ini. Tapi sedikit-sedikit pahamlah walaupun hanya basicnya doang. Beberapa blogger memperbincangkan bahwa SEO offpage sudah tidak terlalu dominan dalam menentukan SERP di search engine, tapi siapa yang benar-benar tahu.

SEO
SEO

SEO offpage yang paling dasar adalah backlink, yang satu ini tentu semua sudah tahu. Mengikuti algoritma baru dari beberapa search engine khususnya Google Panda maka dalam membuat backlink banyak hal yang perlu diperhatikan, tapi Saya tidak membahas yang ini. Yang kita bahas kali ini adalah pemanfaatan social bookmark dan social network.

Secara target tujuan memanfaatkan social bookmark dan social network adalah menjaring visitor secara langsung, namun dari segi SEO [untuk mendapatkan visitor dari search engine] ada sedikit perbedaan dari kedua social ini. Jika sebelumnya algoritma Google menentukan mana situs yang baik/tidak tergantung dari seberapa populer situs ini di search engine tapi sekarang berubah, salah satu acuannya adalah seberapa sering situs tersebut diperbincangkan di dunia maya.

Dari sini kita sudah dapat menebak pilih social bookmark atau social network dalam mempromosikan blog/situs tapi tetap ramah dari segi SEO. Jawabannya tentu social network [G+, tweet, fb, mysp, dsb], semakin sering blog/situs kita diperbincangkan maka nilai lebih akan kita dapat dari search engine, berbeda dengan social bookmark. Satu lagi kelemahan social bookmark adalah kemungkinan artikel asli kalah bersaing di SERP [Search Engine Result Potition] dengan artikel yang disubmit [tragis....].

Tapi bukan berarti social bookmark selalu berdampak buruk. Jika salah satu artikel kita memiliki saingan yang ketat dan sangat jarang disentuh oleh visitor melalui search engine inilah saatnya submit artikel tersebut ke social bookmark. Ini termasuk salah satu strategi SEO offpage tapi kita harus teliti dalam memanfaatkannya - SEO Social Bookmark dan Social Network.
Baca juga artikel dan informasi Pesan Warning Kotak Komentar Facebook.

SEO Social Bookmark dan Social Network Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra