Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 26 Agustus 2011

Ingin Bahagia Penuhi Dulu Kebutuhan Dasar

Ingin Bahagia Penuhi Dulu Kebutuhan Dasar - Anda ingin merasa bahagia? Penuhi dulu kebutuhan dasar! Saya tidak berbicara dalam konteks keagamaan atau keyakikan. Secara sederhana banyak orang berpendapat cukup dengan banyak uang kita hampir pasti akan selalu merasa bahagia berpikir. Uang memang bukan segalanya, tapi dengan uang segalanya akan menjadi lebih mudah. Benar begitu? Namun jika ingin bahagia penuhi dulu kebutuhan dasar.

Seorang psikologis asal Amerika bernama Abraham Maslow [1908-1970] menjabarkan ada 5 tingkat kebutuhan manusia yang biasa disebut hirarki Maslow. Tingkatan itu meliputi:
  1. Kebutuhan fisiologis atau kebutuhan dasa [bernafas, makan, minum, tidur, sex, keseimbangan tubuh "sehat", dan aktifitas].
  2. Kebutuhan rasa aman dan nyaman [perlindungan/kenyamanan untuk tubuh, keluarga, perlindungan kesehatan, dan semua benda yang kia miliki].
  3. Kebutuhan dicintai dan disayangi [teman, keluarga dan oleh pasangan hidup].
  4. Kebutuhan untuk dihargai
  5. Kebutuhan aktualisasi diri.
Gambar
hirarki_maslow, kebutuhan_dasar_manusia

Merasa bahagia bisa kita dapatkan jika membangun "piramida" kebutuhan dengan benar. Pondasi utama yang harus kita bangun adalah kebutuhan dasar [kebutuhan fisiologis]. Kita butuh oksigen untuk bernafas, butuh makanan dan minuman, hubungan intim, dan aktivitas. Jika dalam ilmu masak memasak bisa dibilang kebutuhan dasar "fisiologis" adalah bumbu wajib jika ingin menciptakan kebahagiaan - Ingin Bahagia Penuhi Dulu Kebutuhan Dasar.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Cowok Jangan Gunakan Celana Jeans, Why?.

Ingin Bahagia Penuhi Dulu Kebutuhan Dasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra